Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia

Ceritanya saya sempat merasakan pelayanan kesehatan saat hamil di dua negara berbeda. Saya di Indonesia dari sebelum tahu positif hamil, tepatnya dari usia kehamilan 2-3 minggu sampai sekitar 25 minggu. Kedua, di Swedia, dari 25 minggu sampai akhirnya melahirkan di usia kehamilan 40 minggu. Ada beberapa hal yang masih saya inget yang mungkin bisa jadi referensi(?) atau sekedar sharing informasi.

Disclaimer: ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri yah, jadi mungkin ga bisa digeneralisir ke skala negara..

1. Memilih dokter kandungan
Di Bandung, saya sempet pusing tujuh keliling, untuk menentukan dokter kandungan yang cocok. Saya nyoba 7 obgyn sampai akhirnya memutuskan kontrol rutin ke obgyn yang mana. Mungkin lebih enak saya bikin postingan tersendiri tentang pengalaman hunting obgyn ini yah, hehe. Intinya saya kembali ke obgyn pertama, yakni dr. Widyastuti di Galenia (beliau juga praktik di Kimia Farma dan RS Melinda). Walopun harus rela antri lama, tapi ga ada yang semeyakinkan dan senyaman beliau.

saksi petualangan mencari obgyn; buku kontrol kehamilan
ada satu lagi dari limijati ga ke foto

Di Swedia, tepatnya di Gothenburg, hal kayak gini ga akan terjadi. Sistem yang ada udah mengatur sedemikian rupa sehingga tiap ibu hamil hanya bisa kontrol di klinik terdekat dengan rumahnya dengan bidan yang juga udah disiapkan. Bidan?! Yap, di negara dengan tingkat kematian bayi terendah kedua di dunia ini, by default setiap bumil ditangani oleh satu bidan yang sama selama kehamilannya. Selama kehamilan normal dan sehat maka bumil ga akan ketemu obgyn.

Bisa dibilang selama di Swedia ini saya begitu dimanjakan dengan aneka kemudahan dari sistem yang mereka buat, saya ga perlu pusing-pusing hunting rumah sakit maupun tenaga kesehatan (bidan ataupun obgyn). Memudahkan banget buat pendatang cem saya, tinggal manut dan semua beres. Kualitas pelayanan bidannya pun luar biasa. Ramahnya banget banget, ilmunya mendalam, saya bisa nyaman sharing dan bertanya apa pun. Beliau juga sangat memotivasi di hari-hari menjelang kelahiran. Walaupun saya pendatang, tapi saya ga merasa ada diskriminasi ataupun perbedaan perlakuan sama sekali.

2. Waktu menunggu
Risiko ngincer obgyn enakeun adalah harus rela nunggu berjam-jam, bahkan sampai berhari-hari sampai akhirnya diperiksa. Pertama kalinya saya ke dr. Widyastuti di Kimia Farma Dago, saya harus nunggu 2 hari sampai akhirnya beneran bisa diperiksa beliau. Ceritanya hari pertama nungguin lama, eh tiba-tiba diinfoin dokternya ada tindakan mendadak jadi ditunda besoknya. Besoknya, setelah nunggu lama lagi, dikabarin ada tindakan mendadak lagi, jadilah saya kembali pulang. Dan di hari ketiga baru berhasil ketemu. Pernah juga, masih dengan dokter yang sama (atuh da gimana udah sreg pisan), ambil nomer jam 4 sore, baru masuk ruang periksa jam 12 malam. Dan dokternya luar biasa masih semangat walopun keliatan banget letihnya. Hiks, suka haru sama perjuangan dokter luar biasa seperti ini.

Di Swedia, paling lama saya nunggu adalah <5 menit, hehehe. Dari kontrol kehamilan pertama, bumil udah dikasih jadwal kontrol sampai akhir kehamilan; hari, tanggal, dan jamnya. Jadi ga ada waktu yang terbuang mati gaya di ruang tunggu. Semua serba efektif dan efisien, ga ada waktu pasien yang terbuang. Karena memang waktu sangat berharga, untuk semua orang, ga peduli dia dokter ataupun pasien.

seluruh appointment dengan bidan selama kehamilan
dijadwalkan dari awal tanggal, jam, dan durasinya

3. Pemeriksaan
Waktu di Bandung prosedur kontrol kehamilan kurang lebih begini:
timbang berat badan, cek tensi, nunggu dipanggil ke ruang dokter, ditanya keluhan, USG, tulis resep/vitamin, ngobrol singkat sambil ngasi tahu kapan kontrol lagi.

USG sendiri dilakuin sejak pertama kali kontrol, waktu itu usia kehamilan masih 4 mingguan dan belum keliatan apa-apa, kantung kehamilan pun belum terlihat. Maklum, terlalu bersemangat, seinget saya itu baru 1-2 hari telat haid. Dan perihal USG di awal kehamilan ini bisa dibilang menegangkan, karena mengundang kekhawatiran. Apa janinnya berkembang baik ya? Kok belum keliatan ya? Dsb dsb. Padahal di waktu-waktu awal itu ya emang ga bisa ngapa-ngapain juga. Stres malah membawa pengaruh yang buruk. Hal ini berkebalikan banget sama di Swedia. Menurut pengalaman temen-temen saya yang ngerasain pelayanan kesehatan dari awal kehamilan di Swedia, katanya di awal kehamilan bisa dibilang ga diapa-apain sama bidannya. Jaga makanan dan istirahat aja.

Saya ga mau bilang USG sering-sering ini buruk atau baik ya. Posisi saya cuma curhat alias nyeritain pengalaman aja. Terlebih untuk ibu newbie parnoan dan sulit diyakinkan(?) seperti saya, rasanya kemudahan untuk di-USG ini memberikan sisi positif juga. Yakni menyalurkan rasa ingin tahu saya kalau si bayi baik-baik aja. Pernah suatu kali, tiba-tiba saya baca cerita ga enak di internet dan saya jadi super parno. Demi biar ga kebayang-bayang, akhirnya dengan impulsif saya meluncur ke RS untuk kontrol kehamilan padahal baru 2 minggu lalu periksa. Hasilnya tenang di hati, gelisah di dompet, wkwkwk.. Bisa jadi itu sifat 'buruk' saya, atau bisa jadi pula bu dokternya ga berhasil meyakinkan saya untuk tenang aja, take it easy menjalani kehamilan. Yang jelas, saat di Swedia, entah gimana sifat perfeksionis (baca: parnoan) saya ini menguap begitu aja. Saya begitu tenang menjalani kehamilan tanpa khawatir apakah bayi saya bener-bener baik-baik aja. Bu bidan berhasil menanamkan pemikiran-pemikiran menenangkannya ke saya.

segelintir foto hasil usg selama di Indonesia

Nah di Swedia, karena saya dateng waktu udah hamil gede, maka saya melewatkan sesi USG. Iya, di Swedia pada umumnya USG itu cuma sekali aja dilakuin saat usia kehamilan sekitar 18-20 minggu.

Maka prosedur kontrol kehamilan saya di Swedia adalah sebagai berikut:
timbang berat badan, cek tensi, ukur lingkar perut, cek detak jantung bayi, ngobrol2.

Pemeriksaan kehamilan di Swedia terasa jauh lebih sederhana dibanding dulu di Bandung. Ukur lingkar perut bahkan pakai meteran jahit(!). Dan cek detak jantung bayi pernah sekali pake alat kayu kayak teropong yang ditempel ke perut, walopun seringnya si pake mesin ya.

old fetal listening device. gambar diambil dari sini

Terasa banget dalam hal-hal mendasar seperti cek darah dan urin dilakukan dengan menyeluruh bahkan sampai beberapa kali, tapi hal-hal yang ga urgent ya ga dilakuin semisal USG yang cuma sekali itu. Jadi terakhir kali saya nengok janin melalui USG itu di Indonesia, beberapa hari sebelum terbang, di usia kehamilan sekitar 24 weeks. Pas mendekati kelahiran pun, I have no idea tentang perkiraan berat janin dan aneka info terkait USG yang didapat dengan mudah di Indonesia.

4. Vitamin dan Susu Khusus Ibu Hamil
Selama di Indonesia, setiap kontrol pasti saya dibekali aneka vitamin yang harganya bahkan lebih mahal daripada biaya konsultasi dokternya. Vitamin folat, omega 3, kalsium, zat besi, dan entah apa lagi. Karena saya ga cukup pede dengan asupan saya, (dan terlebih efek 'dokter gitu loh yang ngasih') maka saya minum dengan disiplin semua vitamin yang diberikan. Untuk susu hamil sendiri saya hanya minum 2 bulan pertama. Selama minum susu itu berat badan saya meroket dan lagi saya kurang suka rasanya, jadi ga saya lanjutkan minumnya.

Nah sedangkan di Swedia, saya bahkan ga pernah liat ada susu khusus ibu hamil. Susu khusus bumil bukan hal lazim disini. Bahkan minum susu pun juga ga wajib, bisa juga diselingi yoghurt, dan aneka sumber kalsium lainnya.

Di pertemuan pertama dengan Bidan, ia membekali saya dengan buku dan juga informasi ke website kesehatan tentang aktivitas dan makanan/minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumi maupun dihindari. Saya diyakinkan kalo selama gaya hidup saya sehat (ga merokok, ga minum alkohol, dsb) juga makan makanan yang sesuai anjuran maka saya ga perlu vitamin.

bekal dari bidan; buku informasi tentang makanan selama hamil, dsb
(ada buku tebalnya juga ga ke foto)

Vitamin hanya diberikan kalau dari hasil cek darah memang terbukti ada yang kurang. Contohnya saat saya hamil sekitar 7 bulan, dari hasil tes darah keliatan kalo zat besi saya kurang, maka saya dikasih resep vitamin zat besi untuk ditebus di apotek. Cuma satu jenis vitamin itu aja yang saya konsumsi selama di Swedia.

Saya inget pernah ngobrol tentang ini sama Bidan Yvonne (nama bidan baik hati yang menangani saya), saya nanya ke beliau, kenapa sih disini kontrol kehamilan ko 'sederhana' sekali? USG juga kenapa cuma sekali aja? Beliau malah balik nanya, "Emang untuk apa USG sering-sering? Kami ga ngelakuin apa-apa yang ga perlu. Ibu hamil itu bukan orang sakit yang harus melulu dikhawatirkan." Doeng! Saya jadi tersadarkan, ini prinsip gentle birth pisan deh. Seketika jadi tenang dan percaya sepenuhnya pada sistem kesehatan yang ada. Dan bukankah ini inti dari segalanya? Rasa percaya antara pasien dan tenaga kesehatan.

Dalam buku 'Welcome to Your Child's Brain' Karya Sandra Aamodt dan Sam Wang juga ditulis, bahwa kadang begitu banyak hal-hal yang dikhawatirkan oleh ibu hamil yang sebenernya efeknya ga lebih membahayakan dibanding stres yang diakibatkan oleh kekhawatiran itu. Dan saya ngerasa apa yang saya alami di Swedia ini bener-bener meminimalisasi efek stres yang ga diperlukan.

Pada akhirnya, saya ga mau men-judge disini benar atau disana salah, hanya sekedar memaparkan kondisi dari kedua pengalaman yang saya berkesempatan merasakannya. Walau ga bisa dipungkiri bahwa kita perlu banyak belajar dari Swedia, karena faktanya sudah jauh lebih berhasil dalam mengelola sistem kesehatan. Setidaknya sebagai para orang tua atau pun calon orang tua, dimana pun kita, wajib membekali diri dengan ilmu agar bisa kritis dan tidak mudah terbawa arus yang belum tentu baik untuk kita.

Mohon maaf kalau ada kesalahan ya(?). Dan semoga bermanfaat :)

Comments

  1. Hallo Iie,
    Salam kenal ya, saya maya. Saya dan suami tinggal di Dusseldorf, Germany. Kebetulan lg di Sweden nemenin suami yg ada kerjaan disini selama 3 bulan. Big news, saya hamil dsini. Hehehe, berdasar clearblue pregnancy test yg semalam saya pakai masuk usia 3 minggu. Ini kehamilan pertama mba (secara lebih tua 7 tahun).
    Mba baru googling dikit, dan nemu link ini http://www.swedish.org/services/pregnancy-and-childbirth/find-an-md-or-midwife. Dibilang "Call 206-386-BABY (206-386-2229) and we’ll help you find a physician or midwife who fits your needs and delivers at the Swedish birth center you prefer".
    Dulu km ke nmr itu juga kah? Bisa sharing pertama kali tlp kemana utk bikin janji dengan dokter atau bidan?
    Maaf ya panjang, have a great day :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba maya, salam kenal. wah selamat atas kehamilannya :) dulu saya lsg dateng ke vårdcentral terdekat, kebetulan deket rumah, dan di kasih tahu kalo harusnya dateng ke MVC beserta alamatnya. malah baru tahu ada nomer itu hehe. gpp telfon aja mba, ntr paling di kasih tahu harus kemana.. smg bermanfaat ya infonya :D

      Delete
    2. oiya sama kalau ga ada personnummer kena biaya 540 SEK per pertemuan.

      Delete
  2. Halo salam kenal mbak Iie,

    Untuk postingan tentang pengalaman hunting obgyn di Bandung-nya bisa dilihat dimana yah?
    Sudah saya cari2 belum ketemu.

    Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sempat dituliskan mas, tepatnya belum sempat publish. dulu saya pernah nyoba di galenia bandung 2 dokter, lalu dr di limijati ada 2 dokter, di hermina pasteur 3 dokter.

      Delete
  3. Thanks mbak, ga masalah. Karena tulisan ini, begitu sampai di Bandung, kami langsung ke dokter Widyastuti di klinik Jasmine. Alhamdulillah cocok, dokternya expert dan sangat mengarahkan. Insya Allah sampai lahiran dengan beliau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo bermanfaat :) ikut senang, semoga dilancarkan semua prosesnya (atau udah lahiran ya heu.. mohon maaf baru terbalas sekarang)

      Delete
  4. Hai mom saya tika salam kenal saya suka tulisannya dan infonya sangat bermanfaat, saya jg baru pindah ke bandung dan lagi cari dr obgn yg cocok kayaknya mau coba jg dr widiyawatibkarna dr 4 gonta ganti dr blm ada yg srekk😊
    and setuju banget sm prosedur pemeriksaan bidan diluar, bkn maksud menyalahkan karna saya jg bidan. Usg jika ke dr obgn di Indo di kota mana pun pasti dilakukan tp mau gimana nolak pun nggak mungkin 😂 jadinya manut aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. selamat atas kehamilannya mom tika :) semoga cocok dgn dokter wid ya.. bener bangett, kalo ke obgyn kaya udah sepaket sama usg jadinya.. wah mba bidan ya, asiknya udah paham seluk beluk kehamilan deh 😊

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Catatan Toilet Training Asiyah